Jumat, 12 April 2019

Deskripsi Kebudayaan Masyarakat Desa Batulohe


Perspektik budaya masyarakat di Desa Batulohe masih sangat kental dengan budaya Adat Kajang, walaupun budaya-budaya dari suku lain misalnya Bugis dan budaya dari suku lainnya juga ada. Hal ini dapat dimengerti karena hampir semua desa di Kabupaten Bulukumba masih kuat pengaruh hukum adat Amma Toa.
Dari latar belakang, kita bisa melihat aspek budaya dan sosial yang berpengaruh dalam kehidupan masyarakat. Di dalam hubungannya dengan agama yang dianut misalnya, Islam sebagai agama mayoritas yang dinut masyrakat, dalam menjalankannya sangat kental tradisi budaya adat Amma Toa.
Tradisi Budaya adat Amma Toa sendiri berkembang dengan banyak dipengaruhi ritual-ritual atau kepercayaan masyarakat sebelum agama Islam masuk. Hal ini menjelaskan mengapa kegiatan peringatan-peringatan keagamaan yang di masyarakat terutama islam, karena dipeluk masyarakat, dalam menjalankanya muncul kesan nuansa tradisinya. Atau kegiatan-kegiatan budaya yang bercarpur dengan nuansa agama Islam. Contoh yang kita biasa lihat adalah peringatan Maulid, Isra’mi’raj, kegiatan Assungka Bala, Appapole, Andingigi, Assalama, Anruppai Bulan, Appadekko, abbaca doang, addangang, akkalomba, attompolo dan banyak lagi.
Secara idividual di dalam keluarga masyarakat Desa Batulohe, tradisi budaya adat Amma Toa lama dipadu dengan agama islam, juga tetap dipegang. Tradisi ini dilkukan selain sebagai kepecayaan yang masih diyakini sekaligus digunakan sebagai bagian cara untuk bersosialisi dan berinteraksi di masyarakat. Misalnya; tradisi Angnguru, dilaksanakan pada usia kehamialan memasuki usia 5 bulan, Aqiqah pada bayi yang baru lahir (Attomppolo).
Tetapi yang perlu diwaspadai adalah muncul dan berkembangnya pemahaman keyakinan terhadap agama ataupun kepercayaan tidak berakar dari pemahaman terhadap tradisi dan budaya masyarakat yang sudah ada. Hal ini mengakibatkan munculnya kerenggangan sosial di masyarakat dan gesekan antara masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

APBDes 2019,Cara Menyusun dan Strukturnya Bagaimana Ada sejumlah latar belakang,kenapa saya menulis artikel tentang topik APBDes ? ...